Pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh tingkat suku bunga, jumlah uang yang beredar dan inflasi. Uang beredar adalah seluruh uang kartal dan uang giral yang ada ditangan masyarakat. Uang beredar merupakan penjumlahan dari uang beredar dengan uang kuasi. Uang kuasi diklasifikasikan sebagai uang beredar karena bentuk simpanan masyarakat ini dapat dicairkan menjadi uang tunai oleh pemiliknya untuk berbagai keperluan transaksi.

        Pertumbuhan ekonomi memiliki hubungan dengan jumlah uang beredar. Jumlah uang beredar berhubungan positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jumlah uang beredar semakin meningkat pertumbuhan ekonomi Indonesia akan semakin meningkat. Jumlah uang berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Penawaran uang juga memiliki pengaruh positif terhadap hasil dan pertumbuhan ekonomi.

              Jumlah uang beredar memiliki hubungan dengan tingkat bunga. Meningkatnya permintaan uang akan berdampak pada peningkatan tingkat suku bunga. Bank Indonesia bertugas menjaga kestabilan suku bunga dan nilai mata uang. Kebijakan moneter dilaksanakan untuk mengendalikan uang beredar dan suku bunga dalam perekonomian agar dapat mendukung pencapaian tujuan kestabilan nilai mata uang.

 

Daftar Pustaka :