Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Laju pertumbuhan ekonomi dunia terlihat membaik maka pertumbuhan perekonomian Indonesia kedepannya cukup prospektif.

          Pertumbuhan ekonomi diartikan sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Pendapatan nasional membandingkan pendapatan nasional tahun yang sedang berjalan dengan tahun sebelumnya. Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode. Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan akan meningkat. Peningkatan tersebut disebabkan oleh membaiknya perekonomian dunia.

              Indonesia untuk pertama kali masuk dalam daftar Top 20 Host Economies pada bidang Foreign Direct Investment (FDI) tahun 2013. Indonesia menempati peringkat ke-4. Pada tahun 2014, pasca pemilihan umum, dampaknya diperkirakan akan lebih positif. Pertumbuhan ekonomi biasanya lebih tinggi lagi setelah tahun pemilu terkait dengan harapan baru dan kebijakan yang baru. Indonesia akan menghadapi kondisi pasca pemilu khususnya bagi industri pasar modal. Presiden terpilih sangat berpengaruh bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia khususnya industri pasar modal. Pasar akan merespon positif atau negatif atas hasil Pemilu ditentukan oleh siapa yang memimpin negeri ini untuk lima tahun mendatang.

 

Daftar Pustaka :