Ruang terbuka hijau merupakan paru paru kota, khususnya di ibukota jakarta sangat di perlukan ruang terbuka hijau karena banyaknya bangunan beton dan gedung gedung bertingkat, taman taman kota ini bisa menjadi tempat piknik warga jakarta, untuk duduk duduk sekedar bersantai menghirup udara segar, hunting hunting foto, tempat bermain anak anak.  maka dari itu pemerintah banyak membuat taman taman kota di jakarta, berikut adalah taman taman yang tersebar di ibu kota

1. Taman  Suropati

Taman Suropati taman yang sangat terkenal di Jakarta  terletak di kawasan Menteng Jakarta Pusat. Taman ini sudah sejak jaman penjajahan Belanda.

1. taman suropTaman Suropati

Banyak pepehonan yang mengelilingi taman dan rumput rumput hijau. terdapat juga bangku bangku taman yang disediakan bagi para pengunjung untuk bersantai. Selain itu di sana ada kelompok kesenian dan olahraga yang berkumpul di sana. Beberapa seniman negara ASEAN menyumbangkan hasil karyanya dan memperagakan di Taman Suropati. Taman ini mempunyai nama tambahan “Taman persahabatan seniman ASEAN”. Adanya berbagai ornamen dan sarana yang terdapat di Taman Suropati, menyebabkan taman ini menjadi salah satu taman dengan kualitas terbaik di Kota Jakarta.

2. Taman Menteng

Taman Menteng terletak di Jl. HOS Cokroaminoto, mentneng Jakarta Pusat. Pemrov Dki meresmikan taman ini untuk  menambah ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta, taman ini juga ditujukan sebagai sarana publik yang bisa sedikit  menyegarkan warga Jakarta.

2. taman menteng

Taman Menteng

Taman Menteng juga dilengkapi berbagai fasilitas pendukung, seperti arena bermain untuk anak, lapangan futsal dan lapangan basket. Taman Menteng juga jadi tempat pas jika ingin nongkrong bersama teman-teman. Karena di sana banyak berkumpul kelompok pecinta sepeda, skateboard dan lain-lain. Yang lebih seru, taman ini juga dipenuhi dengan pemusik jalanan yang sangat kreatif.

3.  Taman Cattleya

Sedikit bergerak ke arah Jakarta Barat, ada taman Cattleya. Taman ini berada tepat di sebelum lampu merah Tomang. Untuk ukuran taman kota, Taman Cattleya termasuk cukup besar, lengkap dengan beberapa danau buatan di dalamnya.

3.Taman Cattleya

Taman Cattleya

saat kita berada didalam taman ini mata kita dimanjakan dengan hijaunya rumput dan rindangnya pepohonan, warna  warni bunga cantik dengan kupu  kupu berterbangan, burung – burung kecil berkelompok yang hinggap di dahan pepohonan. Kita akan lupa bahwa kita tengah berada di tengah-tengah kota. Di Jakarta, tempat semacam ini memang sangat didambakan masyarakat keberadaanya. Taman seperti ini bisa dijadikan alternatif tempat bersantai ataupun berolah raga menikmati hari libur bersama keluarga. Melepas kepenatan tanpa harus pergi keluar kota atau jalan-jalan ke mall, yang mesti mengeluarkan uang yang tidak sedikit dan malah menambah kepenatan.

4.  Taman Situ Lembang

Tidak jauh dari Taman Suropati, ada Taman Situ Lembang. Ada danau cantik dan cukup besar yang ada di tengah tamannya, dan jadi ikon dari taman itu sendiri. Bangku batu ada di sekeliling danau buatan yang bisa diduduki oleh siapa saja.

4. taman situ lembangTaman Situ Lembang

Taman ini merupakan salah satu taman tertua di Jakarta dan memiliki danau kecil yang airnya berasal dari sumber air alam. Arena pemancingan, olahraga lari santai adalah salah satu sarana rekreasi yang disukai, telah dikembangkan ditaman ini. Ditaman ini juga terdapat arena permainan anak.

5.  Taman Ayodya

Hampir mirip dengan Situ Lembang, ada Taman Ayodya. Letaknya ada di Blok M, Jakarta Selatan.

5. tamanayodyaTaman Ayodya

Penjaja makanan bertengger di lingkaran luar taman. Makanan yang dijajakan mulai dari camilan hingga makanan berat.

6. Taman Spathodea

Masih di Jakarta Selatan, ada Taman Spathodea yang berada di kawasan Kebagusan, tepatnya dekat Puskesmas Jagakarsa. Taman ini sangat segar jika didatangi pada pagi hari. Lari pagi atau berjalan santai di jalan setapaknya bisa jadi ide yang menarik. Saat akhir pekan atau sore hari, taman ini akan ramai oleh pengunjung dari sekitar. Anak-anak asyik berlarian atau bermain sepeda. Ada pula yang piknik di rerumputan sekitar.