Sampah tidak lepas hubunganya dengan manusia, di jaman yang semakin konsumtif ini sampah menjadi masalah yang besar dihadapi suatu kota, salah satunya kota Jakarta. Mulai dari sampah rumah tangga, restoran, mall, tempat hiburan, rumah sakit, pabrik dll banyak sekali pertambahan sampah tiap harinya.

sampah

Dan semua sampah ini nantinya akan di tampung di temapat penampungan akhir atau yang lebih dikenal dengan TPA, bayangkan kalau tidak ada TPA bisa jadi apa jakarta dengan sampah yang menumpuk tanpa TPA mungkin daratan jakarta akan tertimbun sampah. Pasti kalian juga tidak tahu bukan bagaimana cara sampah ini di kelola dari awal sampai akhir sehingga lenyap dan tidak menimbun kota kita..

Pertama  Pemilihan, dengan cara ini sampah di pisah menurut kriterianya ataupun karakteristiknya, misalnya sampah organik dan non organik, sampah plastik, sampah industri, sampah medis. Itu semua di pilih dan pisah untuk mengerjakan proses selanjutnya.

Kedua Pengumpulan,  yaitu pengambilan dan pemindahan sampah dari sumber sampah ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) yaitu skala kawasan.

Ketiga Pengangkutan, sampah dibawa dari sumber atau tempat penampungan sementara ke Tempat Penampungan Akhir.

Keempat  Pengolahan,  mengubah jenis, bentuk, komposisi, dan jumlah sampah.

Kelima Pemrosesan akhir sampah, mengembalikan sampah/residu hasil pengolahan sebelumnya ke media lingkungan secara aman.

Nah ini merupakan proses pengolahan sampah hingga kembali lagi ke lingkungan, jangan kita menyepelekan si sampah ini walaupun sudah ada proses pengelolaannya tetapi kita tetap harus meminimalisir banyaknya sampah dengan menggunakan barang-barang dikehidupan sehari hari yang aman dan bukan sekali pakai, misalnya barang pembawa belanjaan yaitu kantong plastik, di sarankan agar mengurangi pemakainya yang hanya sekali pakai dan jadi sampah, apa lgi bahan plastik susah pembusukanya. Selain itu juga demi menjaga lingkungan dari pemanasan global.