Pisang, siapa yang tidak tau tentang buah yang satu ini, banyak manfaat yang terkandung di dalam si kuning ini.

Selain manfaatnya yang banyak, pisang juga dapat  di buat olahan yang bermacam macam. Contohnya makanan khas kota makassar. Banyak kuliner khas makassar yang bahan utamanya di buat dari pisang. Yaitu es pisang ijo, palu butung, pisang epe.  Ayoo kita bahas satu per satu

1. es pisang ijo

Es ini sangat segar di makan di siang hari, apa lagi di kota makssar yang panas.

espisangijo

Terbuat dari buah pisang yang segar lalu di baluti oleh tepung beras berwarna hijau yang di beri pandan, di campur bubur sumsum putih, lalu di beri sirup merah DHT yang menyegarkan di tambah lagi butiran es serut…wiiih mak nyos pokoknya deh..

2. palu butung

Hampir sama seperti es pisang ijo, palu butung juga menggunakan sirup merah yaitu sirup DHT untuk campuranya, tapi bedanya adalah palu butung buah pisangnya di potong potong di rebus bersama santan , tepung beras dan daun pandan.

ea-palu-butung

Sebelum di rebus bersama dengan bahan yang lainya pisang di kukus terlebih dahulu. Dan ini yang membedakannya dengan es pisang hijau karena si pisang tidak di lapisi balutan berwarna hijau.

3. pisang epek

Jajanan pisang yang satu ini beda dengan teman-temanya yang di jelaskan di atas tadi, karena pisang epek bukan makanan pisang olahan es. Pisang kepok setengah mengkal ini di bakar hingga harum lalu ditekan hingga pipih  di beri  topping atasnya sesuai selera. Ada rasa gula merah, keju,coklat, maupun campuran.

Pisang-Epe

Tetapi sebenarnya pisang epe ini aslinya di atasnya hanya di beri cairan gula merah saja. Tetapi lama kelamaan bermodifikasi menjadi beraneka rasa di atasnya, semua itu disesuaikan menurut selera masing masing saja.