Kalian pasti pada tahu kan, kendaraan  seperti bus yang mempunyai  jalur sendiri di jalan ibukota…namanya transjakarta atau yang lebih di kenal dengan busway. Pasti kalian semua pernah dong ya menggunakan transportasi ini, apa lagi mayoritas warga jakarta pasti rata-rata sudah pernah merasakan nyamannya transportasi ini, bagi warga jakarta yang memiliki aktivitas yang sibuk setiap hari di jalan pengguna transportasi umum, seperti saya ini..hhe yang setiap hari jakarta-depok.

Bagi pengguna transportasi ini mungkin bila pertama kali pasti agak bingung dengan rute rutenya, apa lagi di sertai dengan transit di shellter-shellter tertentu, nah awalnya saya juga seperti itu.  Misalnya seperti rute saya, saya setiap hari berangkat kuliah menggunakan busway, rumah saya di tanjung priok dan kuliah saya di depok, begini rutenya saya menggunakan Busway koridor  10 terminal tanjung priok-cililitan yang  diresmikan desember 2010 oleh mantan gubernur dki jakarta fauzi bowo, nah korido ini sangat membantu bagi warga jakarta utara khususnya warga sekitar jalur busway tersebut mulai dari tanjung priok-enggano-permai koja-sunter kelapa gading- astra honda- itc cempaka mas-cempaka putih pulo mas pacuan kuda-rawasari-bpkp pramuka-utan kayu rawa mangun-bea cukai-stasiun jati negara- prumpung- cipinang kebon nanas- penas kalimalang- cawang sutoyo-cawang uki-cawang bkn- pgc cililtan. Saya menggunkan koridor ini bila ingin pergi kuliah, koridor 10 transit di cawang uki dan berlanjut menggunakan busway kampung melayu-kampung rambutan…memang kalau di lihat lihat ribet ya rutenya tetapi ini sangat murah meriah bagi saya kantong mahasiswi, hanya dengan Rp 3500 bisa sampai kampung rambutan, bandingkan dengan bila saya menggunakan bus ac yang harganya 2x lipat. Sebelum jam 07.00 pagi malah tarif busway lebih murah lagi Rp 2000..hhe..bayangkan kita pun dapat keliling jakarta hanya dengan tarif sedemikian.

TransJakarta_Bundaran_HI_1

Nah selain tarifnya yang murah busway juga memiliki fasilitas yang lebih,yaitu

Pertama , penggunaan ac di armadanya yang membuat para penumpang merasa nyaman denagn tarif yang begitu minim kita bisa menggunakan fasilitas ac yang sama dengan bus ac yang harganya 2x lipat itu.

Kedua , Tidak adanya pengamen, peminta minta, pedagang kaki lima atau pun preman preman yang marak menodong sekarang sekarang ini. Kita tidak akan merasakan kebisingan akibat adanya pengamen, ataupun merasakan ketidak amanan atau ketidak nyamanan akibat adanya peminta-minta atau preman-preman. Jadi di dalam busway pun akan merasa aman walaupun ketiduran..hhe..

Saya sih tidak menyarankn untuk tidur di angkutan umum juga sih, lebih baik kita dalam keadaan sadar karena kejahatan akan timbul di mana saja.

Ketiga , petugas petugas busway yang ramah, nah ini kelebihan busway yang satu lagi di banding dengan transportasi umum yang lain. Petugas busway sangat membantu kita bila menggunakan transportasi ini, mulai dengan kita menaiki armada ini, mereka siap membantu kita dengan kepedulian dan keramahannya. Kita tahu sendiri kan ya di busway itu kursinya sedikit di banding yang berdiri, nah bagi para orang-orang yang layak mendapatkan prioritas tempat duduk seperti ibu hamil, manula/lansia, dan bagi yang membawa balita. Petugas busway akan membantu agar para prioritas ini mendapatkan kursi. Tetapi sekarang para penumpang juga banyak yang sadar kok akan prioritas ini jadi tidak di suruh juga mereka akan memberikan kursinya bagi para prioritas itu.

Keempat , antara penumpang pria dan wanita terpisah, sudah ada sih ya transportasi yang menerapkan aturan ini sebelumnya yaitu kereta api comuter line. Tapi busway juga menerapkan aturan ini, para penumpang wanita berada di bagian sisi bagian depan busway dan para pria di sisi bagian belakang.  Aturan ini diterapkan demi kenyaman para penumpangnya khusunya para penumpang wanita.

Kelima ,  supir busway yang tidak ugal-ugalan, mereka mempunyai standar kecepatan tersendiri yaitu 40 km/jam. Nah dengan kecepatan seperti ini seharusnya masih dalam keadaan aman untuk kecepatan transportasi tanpa kebut-kebutan atau kelambatan.

Keenam ,  busway itu bersih tidak seperti angkutan umum lain, disini adanya peraturan untuk para penumpang agar tidak membawa makanan atau minuman untuk di makan di dalam busway, nah aturan ini yang membuat keadaan didalam busway bersih tidak ada sampah.

antarafoto-1345451741-

ini gambar keadaan di dalam busway..

Ketujuh , rutenya yang strategis, dengan rute yang strategis ini kita dapat kemana saja dengan mudah menggunakan transportasi ini. Dengan cara transit kita cukup membayar sekali saja tiket buswaynya.