Ragam bahasa adalah variasi bahasa atau tuntutan pemakaian yang berbeda-beda menurut tempat, topik, penutur, sarana/ medium pembicaraan, dan sebagainya. Adanya ragam bahasa Indonesia disebabkan oleh perkembangan masyarakat (konteks sosial).

Bentuk Ragam Bahasa

Ditinjau dari media atau sarana yang digunakan untuk menghasilkan bahasa, yaitu (1) ragam bahasa lisan, (2) ragam bahasa tulis. Bahasa yang dihasilkan melalui alat ucap (organ of speech) dengan fonem sebagai unsur dasar dinamakan ragam bahasa lisan, sedangkan bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkan tulisan dengan huruf sebagai unsur dasarnya, dinamakan ragam bahasa tulis. Jadi dalam ragam bahasa lisan, kita berurusan dengan lafal, dalam ragam bahasa tulis, kita berurusan dengan tata cara penulisan (ejaan). Selain itu aspek tata bahasa dan kosa kata dalam kedua jenis ragam itu memiliki hubungan yang erat. Ragam bahasa tulis yang unsur dasarnya huruf, melambangkan ragam bahasa lisan. Oleh karena itu, sering timbul kesan bahwa ragam bahasa lisan dan tulis itu sama. Padahal, kedua jenis ragam bahasa itu berkembang menjdi sistem bahasa yang memiliki seperangkat kaidah yang tidak identik benar, meskipun ada pula kesamaannya. Meskipun ada keberimpitan aspek tata bahasa dan kosa kata, masing-masing memiliki seperangkat kaidah yang berbeda satu dari yang lain.

contoh  ragam bahasa lisan dan tulis :

a. Ragam bahasa lisan :

– Nia sedang baca surat kabar

– Ari mau nulis surat

– Tapi kau tak boleh nolak lamaran itu.

– Mereka tinggal di Menteng.

– Jalan layang itu untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.

– Saya akan tanyakan soal itu

b. Ragam bahasa Tulis :

– Nia sedangmembaca surat kabar

– Ari mau menulis surat

– Namun, engkau tidak boleh menolak lamaran itu.

– Mereka bertempat tinggal di Menteng

– Jalan layang itu dibangun untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.

– Akan saya tanyakan soal itu.

http://tarirl.wordpress.com/2013/05/15/ragam-bahasa/

http://ocw.gunadarma.ac.id/course/industrial-technology/program-of-industrial-engineering-s1/bahasa-indonesia/ragam-dan-laras-bahasa