korupsi itu apa ya? siapa yang tidak tau tentang korupsi , di tv, berita, koran,sampai di infotainmentpun sedang marak di bicarakan.

jaman sekarang korupsi, kolusi dan nepotisme merupakan barang biasa. bagaimana tidak, banyak orang-orang yang mengambil yang bukan haknya. misalnya penguasa yang mengambil hak rakyat-rakyatnya. korupsi sendiri tidak terlepas dari kekuasaan. di indonesia sendiri masuk negara terkorup seasia fasifik..wooow itu membanggakan atau memalukan yaa.. pasti memalukan walaupun negara ter-/paling tetapi menyandang artinya negatif. korupsi tidak asing lagi mulai dari instasi yang kecil sampai instasi yang besar. contonya sendiri isu yang paling hot itu kasus impor daging sapi. uang negara yang di ambil tidak sedikit bermilyar-milyar bahkan triliyunan. ini merupakan kasus di instasi besar yang berkaitan dengan kementrian pertanian dan partai politik, lalu kasus hambalang yang masih bergulir, kasus gayus tambunan. pegawai dirjen pajak yang menerima suap, kasus simulator sim yang melibatkan kepolisian,dan banyak lagi.  di indonesia sendiri kita punya lembaga KPK yaituKomisi Pemberantasan Korupsi,  yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi.

Sesungguhnya apa sih yang terjadi dinegara kita, sehingga banyak orang yang tidak takut untuk melakukan korupsi. apa hukum yang tidak tegas, ataupun sifat mental yang tidak malu akan perbuatan tersebut. kita lihat sendiri bagaimana para koruptor di hukum hanya beberapa tahun saja tidak setimpal dengan apa yang mereka ambil, liat saja kasus pegawai pajak yang menerima suap ia dihukum penjara tetapi masih bisa menonton pertandingan olahraga di luarkota. bayangkan apa yang terjadi dengan hukum di indonesia yang tidak tegas bahkan kendor, ini ada permainan uang pastinya. menurut saya hukuman yang paling tepat untuk para korupsi adalah dengan cara proses pemiskinan atau menyita semua kekayaanya yang mereka ambil dari negara. buat apa mereka dihukum di penjara hanya beberapa tahun lalu mereka bebas masih bisa menikmati hasil korupsinya, hukum itu tidak sebanding. atau kita mau mencontoh negara Cina, dimana para koruptor itu di beri hukuman mati, pemerintah cina sampai pernah berkata ” ia akan menyiapkan 100 peti mati, 99 peti untuk para koruptor dan i peti lagi untuk ia bila ia korupsi”  top banget buat cina, kenapa Indonesia tidak seperti itu saja ya. coba pemerintah Indonesia mengeluarkan perkataan seperti itu ” akan menyiapkan 1000 pemakaman bahkan untuk para koruptor” , andai saja. karena ini merupakan salah satu langkah untuk memberantas korupsi dari akarnya. kenapa tidak, ketika hukuman penjara bisa di beli, dan ketika kekayaan mereka bisa di nikmati kembali itu sangat tidak adil.