Saya akan membahas artikel tentang Kelompo 6 yang merupakan kelompok saya sendiri, artikel ini tentang ” Uang, Bank dan Penciptaan Uang”.

saya akan membahas tentang “UANG” dahulu, Uang merupakan Alat tukar. Jenis- jenis uang ada uang kartal ,uang giral dan uang kuasi. uang kartal sendiri adalah alat tukar yang sayah dan wajib dipergunakan oleh masyarakat untuk bertansaksi, karena uang ini di keluarkan oleh Bank Indonesia. uang ini berupa uang kertas dan uang logam. dan uang giral sendiri merupakan alat tukar yang lebih mudah dan praktis di gunakan untuk transaksi, yang menciptakan uang giral ini adalah Bank Umum berupa cek, giro atau telegrafic transfer. alat bayar ini merupakan alat bayar yang sah, jadi masyarakat berhak menolak menerima pembayaran ini. uang kuasi adalah surat-surat berharga yang dapat dijadikan alat pembayaran, contohnya deposito berjangka dan tabungan serta rekening valuta asig milik swasta domestik.

apa sih yang kita ketahui tentang “BANK”.  Bank adalah tempat untuk menyimpan dan meminjam uang. benar sekali, tetapi lengkapnya adalah bank merupakan lembaga keuangan  yang didirikan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang dan menerbitkan promes atau banknote. Jenis-jenis bank ada Bank Sentral dan Bank Umum. Bank Sentral sendiri merupakan instasi yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter di suatu negara, contohnya Bank Indonesia , ia berusaha menjaga stabilitas nilai mata uang, stabilitas sektor perbankan, dan sistem financial secara keseluruhan. Bank Umum adalah bank yang melakukan kegiatan secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah. contohnya Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BCA, Bank BTN, Bank Bukopin, Bank Mega, dll. ia bertugas  untuk melayani seluruh jasa-jasa perbankan dan melayani segenap lapisan masyarakat untuk menghimpun dana secara langsung dari masyarakat.

“Penciptaan Uang” adalah Proses memproduksi atau menghasilkan uang baru. Bank sentral yaitu Bank Indonesia yang berhak mencetak atau memproduksi uang, bank sentral juga bertanggung jawab mengukur jumlah uang yang beredar. Penciptaan Uang ada 3 cara yaitu pertama dengan cara mencetak uang kertas atau uang logam, kedua melalui pengadaan uang dan pinjaman, ketiga melalui beragam kebijakan pemerintah.