Joko Widodo meraih Gelar Insiyurnya di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM) jogjakarta, ia merupakan sosok yang sederhana dan bersahaja.  Sebelum memimpin Jakarta, Jokowi merupakan Walikota Surakarta/ Solo. ia mendapatkan gelar Walikota Terpuji ketika ia memimpin Solo. awalnya banyak yang meragukan pria yang berprofesi sebagai Pedagang mebel rumah dan taman ini, tetapi ia mampu memberikan gebrakan progresif ketika ia memimpin selama setahun di Solo, ia memperkenalkan mobil ESEMKA produk anak bangsa karya murid-murid SMK Solo. Jokowi memimpin sebagi walikota Solo selama 2 periode, namun ketika periode keduanya Jokowi hanya selama 2 tahun menjalankan kepemimpinanya.

Gubernur_DKI_Jokowi

sebelum terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi menggandeng Basuki Tjahja Purnama sebagai wakilnya, dengan tim sukses kotak-kotaknya Jokowi-Ahok dapat mengalahkan pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli di putaran kedua.

Dan saat ini Jokowi menjabat Sebagai Gubernur DKI Jakarta, ia merupakan Gubernur ke-17 yang memimpin Jakarta. bersama Basuki Tjahja Purnama ia memimpin Jakarta, dalam beberapa bulan kepemimpinanya ia banyak melakukan perubahan dan inovasi untuk Jakarta. diantaranya pembuatan e-ktp, yaitu ktp elektronik yang mempunyai banyak kelebihan dibanding ktp konvensional ; lalu program jakarta sehat, program ini sangat membantu masyarakat miskin dimana kesehatan itu mahal harganya dan pernah ada yang bilang kalau miskin tidak boleh sakit, padahal sakit itu manusiawi. setiap orang pasti sakit. dan sekarang warga miskin tidak perlu khawatir lagi karena jokowi telah mengeluarkan kartu sehat; kartu pintar; Proyek MRT ( Mass Rapid Transit ) yang rencananya akan ia lanjutkan proyek ini dari kepemimpinan Fauzi Bowo demi mengatasi kemacetan di Ibukota.

Sosoknya yang sederhana membuat dia juga peduli terhadap masyarakat, ia tak segan turun langsung ke lapangan, misalnya pada saat beberapa hari kepemimpinanya ia mengunjungi pemukiman warga, lalu saat bencana kebanjiran dan kebakaran di Jakarta ia memberikan bantuan dan turun langsung ke TKP untuk sekedar memberikan dukungan moril untuk warganya.

Dengan sosoknya yang sangat peduli terhadap masyarakat  tidak heran kalau Jokowi mampu menjadi Gubernur favorit Jakarta saat ini.