siapa yang tidak kenal Batik?

kain khas Indonesia ini bahkan sudah terkenal hingga di luar negeri,  batik merupakan sebuah corak ataupun motif yang khas yang terdapat di kain. batik sendiri mempunyai banyak motif, kadang motifnya itu memberikan identitas suatu daerah asal batik tersebut. Di Indonesia banyak daerah-daerah penghasil Batik diantaranya Pekalongan, Solo, Rembang, Tuban, Ponorogo, Tegal, Garut, Madura hingga di luar pulau jawa juga ada penghasil batik yaitu Kalimantan dan Sulawesi, berbeda dengan motif-motif batik di jawa, motif batik kalimantan dan sulawesi ini lebih bersifat naturalis seperti misalnya gambar Burung, Bunga, Daun atau kondisi alam di tempat tersebut.

motif-batik Indonesian-BatikPattern_011w 14254879-beautiful-of-abstract-batik-with-floral-patternsbatik-pekalongan1

Tapi Batik yang paling terkenal dan tersohor adalah batik Pekalongan. membuat batik/membatik itu merupakan seni, karena yang di hasilkan adalah keindahan. dengan menggunakan canting kita harus bisa mengukirkan motif ke sehelai kertas dengan teliti.

Batik pernah diakui oleh negara serumpun kita sebagai kekayaan budayanya, tetapi Indonesia mematenkan budayanya ini sehingga batik di kenal di dunia Internasional sebagai kekayaan budaya Indonesia.

sekarang-sekarang ini batik merupakan pakaian yang banyak di pakai orang-orang dari berbagai lapisan baik muda maupun tua, dahulu batik terkesan kuno dan yang memakainya biasanya kaum pria yang berusia tua dan pemakaianyapun resmi misalnya acara pernikahan. tetapi sekarang kesan batik tidak sekaku itu lagi, batik bisa dipakai kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja.sekarang batik merupakan trend, banyak modifikasinya mulai dari dress,tas,topi, sepatu,dll. pokoknya batik sekarang flexibel di buat sedemian yang kita mau.

Pekerja-pekerja kantoran swasta, pegawai negeri juga memakai batik setiap minggunya, kita harusnya bangga sebagai bangsa Indonesia mempunyai kebudayaan yang beragam dan hasilnya yang penuh seni seperti batik, yang belum tentu setiap negara mempunyai ini..