Kalau menyebut Jakarta Utara yang terbayang hanya panas, debu, dan teronton. namun, dibalik kesibukan kotamadya ini memiliki beberapa tempat wisata pesisir loh, ga percaya?

ayooo kita bahas disini..

mulai dari

1. Gereja Tugu

gereja ini merupakan gereja peninggalan bangsa portugis pada saat itu, tetapi kondisinya masih terjaga hingga sekarang. malah gereja ini masih di gunakan untuk peribadatan umat nasrani. Gereja Tugu ini terdapat di Kampun Tugu, Semper Koja, jakarta utara. penduduk kampung tugu pun berbeda dengan penduduk lainnya, mereka merupakan warga keturunan portugis, maka kampung tugu ini sering juga di sebut kampung portugis. bahkan hingga kini kebudayaan dan kesenian portugis masih mewarnai kampung tugu ini.

gereja tugu

 Gereja Tugu

Kesenian dan kebudayaan yang terkenal dari kampung tugu ini adalah keroncong tugu, yang merupakan kebanggaan ataupun ciri khas dari warga kampung tugu. selain itu di sebelah kanan gereja tugu ini juga terdapat lonceng gereja, lonceng itu di perkirakan berusia 3 abad.

2. Stasiun Tanjung Priok

Stasiun Tanjung Priok terletak di seberang Pelabuhan Tanjung Priok. Stasiun ini merupakan stasiun tua di Jakarta Utara. taukah kamu bahwa stasiun ini merupan stasiun termegah seAsia Tenggara di masanya. stasiun ini stasiun terbesar karena hadiah bagi Jakarta. Stasiun tanjung priok tidak dapat dipisahkan dengan Pelabuhan tanjung priok, karena merupakan pintu gerbang Kota Batavia dengan Hindia Belanda.

Stasiun Tanjung Priok

Stasiun Tanjung Priok

Bangunan putih bergaya art de co ini menjadi salah satu jagar kebudayaan jakarta utara. setelah terbengkalai beberapa tahun, stasiun ini fungsikan kembali sebagai stasiun kometer kereta rel listrik .

3. Jakarta Islamic Center

Masjid Jakarta Islamic Center terletak di jalan kramat jaya, koja jakarta utara. dahulu tempat ini merupakan tempat prostitusi terbesar dan terkenal di jakarta, yang dikenal dengan kramat tunggak. namun sekarang tempat ini merupakan pusat kajian Islam di jakarta utara.

islamic center

Bangunan ini fungsi utamanya sebagai mesjid, terdiri dari tiga lantai. lantai pertama merupakan kantor-kantor urusan keislaman dki jakarta, lantai kedua dan ketiga adalah bangunan mesjid.

4. Taman Impian Jaya Ancol

Siapa sih yang tak kenal tempat wisata ini, pasti mayoritas warga Jakarta tau tempat ini. karena tempat inimerpakan salah satu tujuan favorit berlibur di Jakarta, tak hanya warga jakarta saja yang datang penduduk luar jakartapun tak kalah banyak yang berkunjung ke tempat wisata ini.

bianglala

terdiri dari banyak macam tempat wisata di Taman Impian Jaya Ancol ini, ada dufan, merupakan tempat bermain dan menguji adrenalin; sea word, dunia bawah laut yang indah dan bagus untuk pendidikan anak; gelanggang samudra, merupakan wahana air yang sering di kunjungi keluarga; pantai ancol, tempat favorit karena selain pemandanganya yang indah harganyapun paling terjangkau; Pasar Seni Ancol, merupakan pusat kesenian, disini juga di jual berbagai macam hasil kesenian.

5. Rumah si Pitung

Rumah si pitung merupakan objek  wisata sejarah dan cagar budaya, terletak di Marunda pulo, Celincing Jakarta Utara.rumah ini bukan merupakan rumah peninggalan si pitung ataupun keluarganya, rumah ini adalah rumah seorang pengusaha yang pernah di rampok oleh si pitung menurut warga setempat. rumah ini bergaya panggung atau di sebut juga rumah tinggi, karena rumah ini terletak di bibir pantai, di dalamnya terdapat perabotan-perabotan khas betawi seperti kursi tamu, tempat tidur, meja rias, permainan coklak, dan alat dapur. sebagian perabot kuno ini bukan merupakan peninggalan asli melainkan sumbangan dari beberpa pihak.

peristiwa-rumah-si-pitung-27

ini dia rumah si pitung

Menjelang Bulan puasa rumah si pitung di serbu peziarah, bukan hanya penduduk setempat saja yang datang berziarah banyak juga penduduk dari luar daerah itu datang untuk berziarah. mereka datang untuk berziarah, tauziah, dan wisata. selesai berziarah pengunjung bisa langsung berwisata ke pantai publik marunda.

6. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa terletak tidak jauh dari tempat wisata Kota Tua, karena letaknya dekat perbatasan Jakarta Barat. disini banyak terdapat kapal-kapalyang bersandar di pinggir darmaga.

img_20120510091543_4fab24cf51c68

Pelabuhan Sunda Kelapa

akses menuju tempat ini juga bisa di tempuh menaiki sepeda dari tempat wisata kota tua, surga fotografi karena banyak pengunjung menggunakan tempat ini untuk prawedding juga.

7.  Taman Marga Satwa Muara Angke

Hutan Muara Angke merupakan huran satu-satunya yang berada di kawasan Jakarat. hijaunya alam yang jarang sekali kita temui di jakarta ada disini. padahal, temapt ini berada di kawasan perumah mewah Pantai Indah Kapuk.

img_20120510091652_4fab2514b6837

Taman Muara Angke

kita bisa berjalan di jembatan kayu yang panjang mengitari taman wisata ini. di sepanjang jalan kita bisa mendengar kicauan burung dan kita bisa menjumpai monyet-monyet liar yang bergantungan di atas pohon, biawak, ular sanca, ular cobra, kera ekor panjang. dan kita juga dapat mengarungi sungai muara angke yang menuju ke pulau burung.

Banyak jugakan tempat-tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di Jakarta Utara, bukan terkenal dengan gersangnya saja jakarta utara juga punya objek wisata yang tidak ada di tempat-tempat lain. “Enjoy Nort Jakarta”.🙂