Postingan kali ini saya membahas resume kelompok 5  yang berjudul  “Pendapatan Nasional, Pertumbuhan Ekonomi dan Perekonomian Tertutup Sederhana”.

Pada pembahasan kali ini saya menjelaskan tentang Pendapatan nasional terdiri dari :

Pendapatan nasional, Pertumbuhan Ekonomi, Perekonomian Tertutup sederhana.

Pertumbuhan ekonomi suatu negara menunjukkan keberhasilan sebuah negara. pertumbuhan ekonominya di nilai karena suatu pendapatan, pendapatan di dapat dari beberapa sektor, diantara lain sektor pariwisata. Pariwisata merupakan pendapatan yang diistimewakan di suatu negara. Contonhya di negara kita tercinta Indonesia, dampak pariwisata dalam pertumbuhan ekonomi sangatlah besar, dari parisiwata yang dimanfaatkan sebuah negara dapat mengoptimalkan pendapatannya, yang berfungsi untuk meningkat nilai devisa negara. Pendapatan suatu negara juga di ukur dari Produk Nasional Bruto/ Gross National Product (GDP). GDP sendiri lebih ditujukan untuk mengukur angka kemakmuran material masyarakat. Karena menurut Adam Smith, kemakmuran suatu  bangsa bukanlah diukur dari banyaknya logam mulia/jumlah kekayaan yang dimiliki suatu Negara, tapi jumlah barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat dari Negara tersebut.

Selain sisi positif yang dihasilakn Sektor pariwisata dengan menjadi andalan pendapatan suatu negara juga memiliki sisi negatif, yaitu pengaruh budaya asing, pengaruh budaya asing yang tidak baik/ negatif yang dapt mempengaruhi adat istiadat/ kebiasaan/culture budaya orang indonesia sebagai orang timur, yang dikenal kental adat istiadatnya.

Lalu, hubungan pertumbuhan ekonomi dengan inflasi, yaitu pengangguran. Jumlah orang yang menganggur adalah jumlah orang di negara yang tidak memiliki pekerjaan dan yang tersedia untuk bekerja pada tingkat upah pasar saat ini. Peran pemerintah untuk mengurangi pengangguran : meningkatkan kesejahteraan rakyat dan meningkatkan taraf pendidikan.

Tingkat inflasi yang terjadi dalam suatu negara merupakan salah satu ukuran untuk mengukur baik buruknya masalah ekonomi yang dihadapi suatu negara. Contohnya negara yunani, karena sektor perbankanya anjlok rakyat melakukan pemberontakan, perekonomian suatu negara dapt mempengaruhi rakyatnya.