Kelompok 3 membahas tentang “ Prilaku Konsumen”, saya akan membahas tentang pengertiannya terlebih dahulu.

Produsen  : orang yang memproduksi barang yang nantinya akan di jual ke konsumen.

Produksi   :  Usaha untuk menciptakan barang untuk memenuhi kebutuhan.

Faktor produksi  dibagi 2 yaitu

1. Faktor produksi Asli : berhubungan dengan bahan baku,  alam, tenaga kerja

2. Faktor produksi Turunan : berhubungan de ngan ide, kreatifitas, modal

Pola prilaku produsen

Prilaku yang mengguntungkan : mampu menciptakan hasil produk yang sesuai dengan kebutuhan dan daya beli masyarakat, mampu memperoleh keuntungan maksimal, menggunakan keuntungan perusahaan untuk memperluas usaha, patuh membayar pajak, mampu mengolah limbah perusahaan sehingga tidak menimbulkan pencemaran.

Prilaku yang merugikan : tidak memiliki keahlian pengusaha, penerapan fungsi manajemen planning,organizing, actuating and controlling tidak efektif, biaya produksi lebih besar dari penjualan sehingga mengalami kerugian.

Pada pembahasan ini kelompok 3 membuat contoh kasusnya ada 2 contoh kasus,

yang pertama studi kasus tentang “ penarikan mobil honda dan toyota di seluruh dunia”, karena mobil tersebut membahayakan bagi konsumen, contohnya kasus tewasnya balita di afrika. Menurut saya dari sudut konsumen lebih yang tidak tahu apa apa maupun bahaya tentang barang yang di pakai lebih cermat dan teliti menanggapi masalah kasus seperti ini, khusunya bagi para pengguna mobil mobil tersebut. Harus ebih hati hati dengan penggunaanya. Dan bagi produsen langkah tepat adalah menarik semua produk tersebut dan melakukan evaluasi secara teknis tentang bagian bagian produknya yang membahayakan bagi konsumen agar tidak melakuakn kesalahan lagi dalam memproduksi produk yang lain dan bagi produsen wajib memberi kepercayaan kepada konsumen terhadap produknya .

dan kasus ke dua mengenai “ penggunaan bahan kimia berbahaya dalam makanan”,  kelompok ini membahas tentang bahan kimia yang dengan sengaja di tambahkan produsen nakal untuk modus ataupun tujuan tertentu. menurut saya sebagai konsumen yang baik harus lebih cermat dan teliti memilih produk, misalnya dengan melihat ingredients barang tersebut, lebel  Bpom,melihat kondisi kemasan, jangan mudah tergiur dengan promosi makanan,  mengecek tangg al produksi makanan. Karena produsen produsen sekarang ini sudah mulai cerdik dalam memodifikasi produknya agar lebih laku di pasaran dengan melakukan hal hal yang merugikan konsumen.

Dan dalam sesi tanya jawab di bahas tentang bahan ilegal, dimana barang ilegal tersebut muncul karena adanya permintaan, ada penawaran. Barang murah, pajak tidak ada tetapi ujung ujungnya konsumen yang dirugikan karena keilegalanya ketika barang tersebut mengalami masalah, misalnya barang handphone saat rusak tidak ada garansinya.lalu ada lagi pembahasan tentang  dampak krisis global bagi dunia: krisis financial amerika menjual surat berharga negara ke cina, presiden amerika serikat obama menaiki pajak kepada orang-orang kaya di amerika yang hanya 1 %, pabrik motor besar di tutup, banyaknya phk.