Seperti resume sebelumnya, kali ini saya juga akan membahas resume kelompok 2 dengan judul makalah “Prilaku Konsumen”.

Tidak bisa dipungkiri prilaku konsumen sekarang ini sangat mengkhawartirkan,karena mereka memutuskna untuk memilih sesuatu bukan di karenakan kebutuhan tapi melainkan alasan alasan lain.

Saya akan menjelaskan pengertian pengertianya terlebih dahulu.

Prilaku konsumen adalah proses seseorang untuk memenuhi kebutuhanya sendiri. Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk memutuskan berkonsumen yaitu faktor personal, psikologi, culture,dll

Faktor personal:

1. sesuai dengan kebutuhan ekonomi   -> kelas atas, menengah, bawah.

2. pola kehidupan seseorang  -> mewah dan sederhana

3. kepribadian & psikologi kita sendiri

4. tahap siklus hidup -> anak anak dan ibu ibu beda kebutuhanya

5. pekerjaan

Faktor culture :

1. subculture -> kebangsaan, negara, daerah

2. socialclass -> kesamaan nilai/ prilaku

Pendekatan prilaku konsumen : – teori ordinal -> asumsi bahwa kepuasan tidak bisa dikuantitatifkan.

-teori kardinal-> kegunaan dapat di hitung secara nominal.

Prilaku konsumen Indonesia, menurut handi irawan :

1. berpikir jangka pendek -> mencari yang serba instan

2. tidak terencana -> membeli yang terlihat menarik

3. suka berkumpul -> indikator terkini (fb & twitter)

4. gagap teknologi -> tidak menguasai teknologi tingkat tinggi

5. berorientasi pada konteks -> menilai barang dari tampilan luar saja

6. suka buatan luar negeri -> menurut mereka lebih bagus barang luar negeri

7. beragama-> konsumen lebih percaya dengan omongan pengemuka agama

8. gengsi -> ingin cepat naik status

9. budaya lokal -> unsur kefanatikan daerah cukup tinggi

10. kurang peduli lingkungan -> kurang peduli terhadap isu lingkungan

Contoh kasus : prilaku konsumen terhadap perdagangan online, memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain menghemat waktu dan energi, tidak terikat jarak dan waktu, danpembeli segala usia dapat melakukan belanja online. Sedangkan kekuranganya barang yang di tawarkan berbeda dengan aslinya, jika barang telah sampai kepada kita (konsumen) tetapi tidak sesuai dengan yang kita inginkan akan susah melakukan klaim.

Kesimpulan:  banyak faktor yang mendukung kita untuk berkonsumen dan sekarang banyak cara melakukan kegiatan konsumerisme diantaranyasecara online atau belanja online, maka berbijaklah dalam berkonsumen untuk memilih apa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan kita agar tidak salah atau boros dalam berkonsumen.