Sekarang sekarang ini jumlah kelahiran kembar atau lebih dari satu makin meningkat,  banyak penyebabnya antara lain peningkatan penggunaan obat untuk fertilisasi (kesuburan) merupakan penyebabnya, tapi bukan hanya itu  usia ibu saat  kehamilan juga merupakan penyebab kehamilan kembar , wanita dengan riwayat hamil yang sering dan wanita yang segera hamil setelah berhenti kb juga lebih berpotensi mempunyai bayi kembar di banding dengan seseorang yang mempunyai riwayat atau keturunan kembar.

Kelahiran kembar itu ada 2, yaitu kembar identik (monozygot) dan kembar fraternal (dizygot)

1. kembar identik (monozygot)

Yaitu kembar yang berasal dari satu telur. Kembar identik ini dimana si kembar mempunyai fisik yang sama, kelamin yang sama, gen yang sama, dan wajah yang serupa.

Proses terjadinya kembar identik yaitu pada saat satu sel telur dibuahi satu sel sperma dan disebut zygoth,lalu  zygoth membelah.

pembelahan terjadi pada usia 1-3 hari, maka setiap embrio biasanya akan memiliki kantong ketuban yang berbeda, dan satu plasenta.

Dan apabila pembelahan terjadi setelah 14 hari maka kemungkinan kembar akan terjadi join / menempel bersama pada bagian dari tubuhnya atau pembelahan yang tidak sempurna yang disebut sebagai kembar siam.

2. kembar fraternal (dizygot)

Yaitu kembar yang berasal dari dua sel telur yang di buahi masing- masing sel sperma dan menghasilkan dua zygot. Kembar fraternal  biasanya tidak terlalu mirip atau seperti kakak adik saja, Tidak selalu memiliki jenis kelamin yang sama.